Sunday, February 17, 2008

SUKSES DENGAN E-MARKETING

Dalam bisnis online, promosi merupakan salah satu tulang punggung kehidupan dari suatu e-commerce. Tanpa promosi yang efektif, e-commerce bisa dipastikan mati ! Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan ? :)

Salah satu cara promosi yang sangat efektif dan dengan biaya yang sangat murah adalah email marketing. Email marketing adalah promosi dengan menggunakan email sebagai sarana utamanya.

Walaupun demikian dengan melakukan email marketing banyak juga orang yang bukannya menjadi efektif dalam melakukan promosi, malah membunuh bisnisnya sendiri.

Hal ini terjadi karena mereka melakukan spam (mengirim informasi kepada orang yang tak dikenal dan yang tidak mengingininya).

Jadi, bagaimana melakukan email marketing dengan benar ?

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk email marketing, antara lain adalah opt-in email. Opt-in email adalah sebutan untuk daftar email yang dengan sukrela mau untuk dikirimi informasi yang berkaitan dengan bisnis kita.

Daftar email yang di dapat adalah berasal dari pengunjung website kita. Dan di sinilah letak seni untuk menjaring opt-in email.

Cara termudah untuk menjaring opt-in email adalah dengan menawarkan barang gratis (contohnya e-book, software, artikel dll) pada website Anda.

Tentunya barang gratis yang Anda tawarkan berhubungan dengan bisnis Anda. Dan untuk mendapatkan barang gratis tersebut pengunjung harus mengisikan email pada form yang disediakan.

Untuk mengindari email yang tidak valid, beritahukan bahwa informasi barang gratis yang disediakan oleh website Anda akan dikirim melalui email. Dengan demikian pengunjung akan mengisi email yang valid. Pengunjung yang mau mengisi form kita merupakan prospek yang sangt berharga.

Namun demikian, ada satu hal yang perlu diingat bahwa kita harus tetap menghargai privasi prospek kita. Untuk itu sediakanlah prosedur untuk berhenti dari penawaran kita. Dengan demikian prospek akan merasa dihargai dan tidak terpakasa untuk menerima penawaran-penawaran dari kita.

Anda bisa menjaring opt-in email dengan menggunakan software autorespoder yang banyak beredar di pasaran, bahkan di antaranya ada yang gratis.
Lalu, mengapa opt-in email sangat efektif ?

Ingatlah bahwa pengunjung yang dengan sukarela memberikan emailnya untuk mendapatkan informasi tentang bisnis Anda adalah prospek yang sangat berharga.

Angap saja, setiap hari ada 10 orang yang mendaftarkan email pada website Anda, (ingat! tidak ada satu orangpun yang menolak pemberian secara gratis), maka selama sebulan ada 300 prospek.

Dengan perkiraan 20% saja yang melakukan transaksi kepada Anda maka total keuntungan Anda per bulan adalah 60 x laba bersih.

Akhir kata penulis mengucapkan selamat ber–email marketing

No comments: